JANNATUL MU’ALLA ATAU PEMAKAMAN MA’LA

Kategori : TEMPAT BERSEJARAH, Ditulis pada : 10 Januari 2024, 10:09:49

MAKOM.jpg

JANNATUL MU’ALLA ATAU PEMAKAMAN MA’LA

Jannatul Mu'alla (Arab: جنة المعلى, translit. Jannat al-Mu‘allā, har. 'Taman Mu'alla'), juga dikenal sebagai Pekuburan Ma'la (Arab: مقبرة المعلاة, translit. Maqbarat al-Ma‘lāh) dan Al-Hajun, adalah sebuah pemakaman yang berada di utara Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. Disini dikuburkan buyut, paman, kakek, istri dan keturunan Nabi Muhammad serta sahabat dan para Alim Ulama.

Beberapa keluarga Nabi Muhammad dikuburkan di pemakaman ini sebelum Nabi melakukan hijrah pada tahun 622. Beberapa kubah dan struktur lainnya dibangun di atas beberapa makam tokoh terkenal. Makam-makam yang ada dalam pekuburan ini diratakan pada 1925, pada tahun yang sama pekuburan Jannatul Baqi di Madinah diratakan oleh Raja Saudi, Ibnu Saud. Hal ini menyebabkan protes dari komunitas Muslim internasional.

Berikut beberapa fakta fakta menarik tentang Pemakaman Ma’la

  1. Makam penting bagi umat Islam

    Pemakaman Al Ma'la adalah pemakaman yang sangat bersejarah. Dihimpun dari berbagai sumber, ini adalah pemakaman paling penting bagi umat Islam di dunia setelah Pemakaman Baqi di Madinah.

    Warga lokal menyebutnya Jannat Al Mualla. Pemakaman ini sudah ada di Mekah sejak sebelum Nabi Muhammad SAW lahir dan masih ada sampai sekarang.
  2. Tempat makam keluarga Nabi Muhammad SAW

    Beberapa tokoh penting dalam sejarah Islam dimakamkan di sini. Mereka antara lain Siti Aminah, ibu Nabi Muhammad SAW; Abdul Muthalib, kakek Rasulullah; Paman Nabi, Abu Thalib kemudian ada istri pertama Nabi Muhammad SAW yaitu Siti Khadijah.

  3. Makam dihancurkan mulai 1925

    Dulunya, bentuk pemakaman di sini sama seperti di belahan dunia lain. Namun sejak 1925 bangunan makam di sini dihancurkan. Tidak ada lagi bentuk makam dan batu nisan. Yang tersisa hanyalah tanah yang rata dan jejeran batu sebagai penanda makam.
  4. Jadi destinasi ziarah dan religi

    Pemakaman Al Ma'la adalah salah satu destinasi wisata ziarah atau religi para jamaah haji dan umrah di Mekah. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat pemakaman bagi para jamaah haji dan umrah yang meninggal.

  5. Cara ke Pemakaman Al Ma'la

    Pemakaman Al Ma'la hanya berjarak 1 km dari Masjidil Haram ke arah utara, di daerah Al Hajun. Dari pintu keluar Marwa di tempat Sa'i, butuh jalan kaki sekitar 15 menit. Lokasinya sebelah Masjid Jin yang bersejarah juga.

    Di waktu luang, para jamaah haji dan umrah suka berziarah ke sana untuk mendoakan sanak famili yang meninggal, para jamaah, maupun para tokoh sejarah Islam. Almarhum Mbah Moen pun kini bersemayam di sana.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id