RAUDHAH MASJID NABAWI

Kategori : HAJI, TEMPAT BERSEJARAH, Ditulis pada : 18 Januari 2024, 09:14:17

RAUDHAH MASJID NABAWI

Jemaah haji berkesempatan memasuki Raudhah ketika berada di Madinah. Raudhah adalah area di dalam Masjid Nabawi, Madinah, yang disebut sebagai taman surga.


Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun Rasulullah SAW setelah hijrah ke Madinah. Mengutip buku Doa-doa Khusus Ibadah Haji oleh Amirulloh Syarbini, jemaah haji dan umrah disunnahkan untuk memperbanyak sholat di Masjid Nabawi.

Dalam suatu riwayat disebutkan, orang yang mendirikan sholat di dalam Masjid Nabawi akan mendapatkan pahala 1.000 kali lipat dibandingkan di luar masjid tersebut. Rasulullah SAW bersabda:

"Sholat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1.000 kali dibandingkan sholat di masjid yang lainnya, kecuali di Masjidil Haram. Sholat di Masjidil Haram lebih utama 100.000 kali lipat daripada masjid lainnya." (HR. Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Hakim).

Tempat yang paling mustajab untuk berdoa di dalam Masjid Nabawi tersebut adalah Raudhah.

Letak Raudhah


Raudhah adalah area di dalam Masjid Nabawi yang terletak di antara rumah Rasulullah SAW dan mimbar yang beliau gunakan untuk berdakwah. Rumah Rasulullah SAW kini menjadi makam beliau.

Raudah ditandai dengan tiang-tiang putih dan karpet putih. Luasnya sekitar 330 meter persegi yang memanjang dari arah timur sampai barat sepanjang 22 meter dan dari arah utara sampai selatan sepanjang 15 meter.

Rasulullah SAW menyebut Raudhah sebagai taman surga. Tempat ini juga disebut sebagai area yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda:

مَا بَيْنَ بَيْتِى وَمِنْبَرِى رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

Artinya: "Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surga." (HR Bukhari dan Muslim).

Arnita Adam dalam bukunya Perjalanan Umroh Inspiratif menjelaskan, Raudhah yang artinya taman surga tersebut maksudnya adalah tempat beribadah yang mulia dan diijabah oleh Allah SWT.

Keutamaan Beribadah di Raudhah
Mengutip buku Keajaiban Masjid Nabawi karya M. Irawan, Raudhah merupakan tempat yang mulia. Di tempat inilah Rasulullah SAW beribadah, memimpin sholat, menerima wahyu, dan juga tempat ibadah para sahabat Nabi SAW.

Umat Islam disunnahkan untuk memperbanyak ibadah di Raudhah. Merangkum berita detikhikmah detikcom, beberapa ibadah yang dapat dilakukan seperti sholat baik wajib maupun sunnah, zikir, dan i'tikaf.

Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim bersabda:

صَلاَةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ، إِلَّا المَسْجِدَ الحَرَام

Artinya: "Satu sholat di masjid saya (Masjid Nabawi) ini lebih baik daripada seribu

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id