MASJID NABAWI

Kategori : HAJI, TEMPAT BERSEJARAH, Ditulis pada : 16 Januari 2024, 09:59:38

Masjid-Nabawi.jpg

MASJID NABAWI

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid di kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi adalah masjid kedua yang dibangun dalam sejarah Islam dan menjadi masjid terbesar kedua di dunia. Masjid ini dianggap sebagai tempat suci oleh umat Islam selain Masjidil Haram di Makkah.

Masjid Nabawi diyakini dulunya adalah rumah tempat tinggal Nabi Muhammad setelah hijrah ke Madinah di tahun 622 Masehi. Bangunan awalnya dibangun diberi atap menggunakan daun kurma dengan tiang-tiang penopang dari batang kurma. Lalu, dinding di keempat sisi masjid terbuat dari batu bata dan tanah.

Awalnya Masjid Nabawi juga digunakan sebagai tempat acara sosial seperti pertemuan masyarakat dan digunakan sebagai sekolah agama (madrasah). Seiring pergantian penguasa di Madinah, pembangunan masjid pun terus dilakukan. Pada tahun 1909, area di Masjid Nabawi menjadi salah satu yang terang di Jazirah Arab karena telah menerima pasokan listrik. Masjid ini diawasi dan dijaga oleh Penjaga Dua Tanah Suci.Masjid Nabawi berada di tengah kota Madinah dan dekat dengan beberapa hotel beserta pasar di sekelilingnya. Masjid Nabawi menjadi destinasi utama para jemaah haji dan umrah. Makam Nabi Muhammad yang berada di sekitar komplek masjid juga sering dikunjungi oleh para jemaah yang datang ke Madinah.

Sekarang, masjid yang berada di Kota Madinah, Arab Saudi, itu menjadi pusat ibadah dan kegiatan keagamaan, bukan hanya umat Islam setempat, tapi juga dari seluruh dunia. Masjid Nabawi juga salah satu destinasi yang biasa dikunjungi umat Islam saat menunaikan ibadah haji dan umrah.

Peran Raja Fahd bin Abdul Aziz cukup besar dalam perluasan dan perbaikan Masjid Nabawi. Kini luas seluruh masjid tersebut mencapai 165.000 m2, dengan jumlah menara menjadi 10 buah. Masjid Nabawi memiliki 95 pintu dan sekarang mampu menampung jamaah hingga sekitar 535.000 orang.

Yang menarik dari Masjid Nabawi adalah keutamaan yang berbeda dari masjid-masjid lainnya. Rasulullah SAW pernah berkata bahwa melaksanakan ibadah salat di Masjid Nabawi akan diganjar pahalanya berkali-kali lipat dibanding masjid lainnya.

Disebutkan dalam hadits dari Jabir RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Satu kali sholat di masjidku ini, lebih besar pahalanya dari seribu kali sholat di masjid yang lain, kecuali Masjidil Haram. Dan satu kali sholat di Masjidil Haram, lebih utama dari seratus ribu kali sholat di masjid lainnya." (HR. Ahmad).

Keistimewaan khusus di Masjid Nabawi yang tidak dimiliki masjid lain yakni keberadaan Raudhah (taman) mulia. Raudhah menjadi area yang selalu didatangi umat Islam untuk berdoa dan berziarah ke makam Rasulullah dan para sahabat.

Raudhah adalah taman surga, tempat yang mulia dan istimewa. Sebab di sinilah sekitar 1400 tahun yang lalu, Rasulullah SAW beribadah, sholat, menerima wahyu, berdakwah dan juga tempat sholat para sahabat.

Kubah hijau yang jadi ikon Masjid Nabawi, juga menjadi lokasi makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Siddiq, dan Umar bin Kattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Ziarah makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya tersebut menjadi salah satu aktivitas favorit Umat Islam saat berkunjung di Kota Madinah

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id