MASJID AL-BAI'AH ATAU MASJID JIN

Kategori : TEMPAT BERSEJARAH, Ditulis pada : 09 Januari 2024, 13:46:03

download (2).jpg

MASJID JIN

Masjid Jin terletak di pinggir daerah hujun, dekat dengan Ja'fariyah atau sekitar dua kilometer arah utara dari Masjidil Haram. Masjid ini memiliki kubah yang dihiasi tulisan kaligrafi surat Jin ayat 1 sampai 9..Dalam Asbabun Nuzul (sebab turun)-nya, ayat tersebut diturunkan kepada Nabi Muhammad terkait pertemuan Rasulullah bertemu jin di tempat ini. Para jamaah dari berbagai negara termasuk Indonesia yang sedang melakukan ibadah di tanah suci, biasanya menggunakan masjid ini untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar.

Sejarah masjid Jin ini bermula dari peristiwa pertemuan nabi Muhammad SAW dengan para jin. Dilansir dari buku Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci karya Rafiq Jauhary dikutip dari Liputan6, disebutkan bahwa dulunya pada suatu hari Rasulullah SAW mengajak Abdullah bin Mas'ud ke suatu daratan untuk kemudian memintanya membuat sebuah lingkaran besar.

Rasulullah lalu memerintahkan Abdullah bin Mas'ud memasukinya dan membacakan surat Jin hingga selesai, sementara Rasulullah pergi meninggalkannya. Kemudian, tak berselang lama beberapa mahkluk yang tak dikenal disebut muncul dan berusaha melukai Ibnu Mas'ud.        

Namun, mereka tak dapat masuk ke dalam lingkaran yang sebelumnya telah digaris oleh Rasulullah. Setelah Mas'ud selesai membaca surah tersebut, makluk itupun pergi.

Pertemuan dengan Rasulullah

Sedangkan dilansir dari riwayat Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi disebutkan, bahwa saat Rasulullah sedang melakukan perjalanan ke pasar Ukkadz, di jalan Rasulullah SAW sempat melaksanakan sholat subuh. Karena hal itu, membuat berita-berita dari langit yang biasanya dicuri dengar oleh bangsa jin menjadi terhalang. Kemudian, bangsa jin berpencar ke seluruh bumi untuk mencari sumber penghalang.

Lalu, ada serombongan jin tiba di daerah Tihamah dan mendengar bacaan ayat Al-Quran yang dibaca Rasulullah ketika sholat subuh. Pada kesempatan itu, para jin langsung berbaiat atau berjanji setia untuk beriman kepada Allah SWT dan mengikuti ajaran Islam.Oleh sebab itu, masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Al-Bai’ah, yakni masjid tempat serombongan jin melakukan baiat.

Para jamaah dari berbagai negara termasuk Indonesia yang sedang melakukan ibadah di tanah suci, biasanya menggunakan masjid ini untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan Ashar.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id