Jemaah Haji Lansia 2024 Diprediksi Masih Tinggi, Stafsus Menag: Petugas Harus Totalitas

Kategori : HAJI, Berita, informasi, Ditulis pada : 28 Februari 2024, 11:45:57

Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut, jemaah haji lansia tahun 2024 diprediksi masih tinggi. Petugas haji diharapkan bisa melayani mereka dengan penuh totalitas. Hal itu diungkapkan oleh Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Wibowo Prasetyo. Ia meminta kepada petugas haji agar bisa memberikan pelayanan terbaiknya kepada jemaah.
"Tahun ini, jumlah jemaah lansia masih mendominasi. Untuk itu, petugas haji harus totalitas dan sepenuhnya mendedikasikan dirinya untuk memperhatikan jemaah," ujar Wibowo Prasetyo dalam Bimbingan Teknis Terintegrasi Petugas Haji Kloter di Asrama Haji Banda Aceh, Minggu (25/2/2024), sebagaimana dikutip dari laman Kemenag.

"Seperti disampaikan Gus Menteri Agama, anggaplah jemaah sebagai bapak, ibu, kakek atau nenek kita. Bertugaslah dengan tanpa pamrih atau berharap balasan apa pun kecuali hanya ridha dari Allah SWT," sambungnya. Maka, tema penyelenggaraan haji 2024 masih mengusung 'Haji Ramah Lansia' seperti tahun sebelumnya. Karena jumlah jemaah lansia pada tahun 2024 lebih dari 40.000 dari total kuota haji Indonesia.

Wibowo meminta para petugas haji kloter untuk bekerja seprofesional mungkin. Dengan memastikan bahwa profesionalisme mereka didasari oleh pengetahuan yang tepat akan tugasnya, disiplin, serta pemahaman yang mendalam akan tugas pokok dan fungsinya. Ini menjadi kunci keberhasilan. Dengan demikian, petugas tidak akan merasa bingung ketika dihadapkan pada situasi yang mungkin sangat kompleks di lapangan.

"Kalau ada yang tidak profesional pasti kita pulangkan. Tahun lalu sudah ada yang kita pulangkan sebelum menjalani puncak haji karena mereka, petugas, malah jadinya merepotkan jemaah," ungkap Wibowo.

"Petugas nggak boleh justru malah merepotkan jemaah. Saya sendiri juga ditugasi langsung oleh Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas untuk memonitor kinerja para petugas. Jika tak profesional saya pasti akan rekomendasikan untuk dipulangkan. Sekali lagi, dedikasikan hanya untuk jemaah haji. Jemaah haji harus mendapat layanan terbaik dari petugas," jelasnya. Wibowo menghargai dedikasi para petugas haji pada tahun 2023 yang luar biasa. Ini tercermin dalam indeks kepuasan jemaah haji yang tetap berada dalam kategori baik.

Selain itu, petugas haji Indonesia diakui sebagai yang terbaik di dunia. Bisa menjadi contoh bagi banyak negara lain.

Wibowo berharap prestasi yang telah dicapai ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan di masa depan. Dalam kesempatan tersebut, Wibowo juga mengajak para petugas untuk menjadi duta bangsa Indonesia. Oleh karena itu, para petugas diharapkan menjaga reputasi mereka dengan sebaik-baiknya sebagai wakil negara. "Yang lebih penting, petugas haji saatnya menjadi humas yang baik. Semuanya harus menyampaikan informasi faktual dan sekaligus yang menenangkan bagi jemaah," kata Wibowo.

"Petugas harus jadi penjernih informasi atau clearance atas berita fake dan hoaks. Manfaatkan akun-akun media sosial masing-masing. Petugas harus memikiki akun media sosial. Buat berita pendek, video testimoni kepuasaan jemaah, narasi positif, dan lain-lain yang membuat jemaah atau keluarganya di Tanah Air merasa tenang karena jemaah terlayani dengan baik," tukasnya.



Sumber Informasi : https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah/d-7211831/jemaah-haji-lansia-2024-diprediksi-masih-tinggi-stafsus-menag-petugas-harus-totalitas.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id